Jumat, 18 Desember 2015

MURSYID & SALIK

Wahai Mursyidku, melalui tanganmu,
Barulah aku bisa Mendengar Qalam-Nya
di ujung ibu jariku,
Menyaksikan Nur-Nya
di ujung jari telunjukku, 
Mencium aroma Kesturi-Nya
di ujung jari tengahku
Dan mengecap Manna dan Salwa-Nya
di ujung jari manis dan jari kelingkingku.
Yang menyebabkan ku terfana
di malam Purnama Sidi".
Setiap murid yang sudah ditawajuh, maka secara bertahap ia akan mendapatkan empat pengalaman spiritual yaitu pertama, ketika menutup telinganya, ia akan mendengar suara kalam Ilahi berupa nada-nada, yang membuat nafsu amarah terdiam. Kedua, ketika menutup matanya, ia akan melihat Nur Ilahi, yang membuat nafsu sufiyahnya terdiam. Ketiga, ketika menutup hidungnya, maka ia akan mencium semerbak wangi aroma kesturi-Nya, yang membuat nafsu mutmainahnya terdiam. Keempat, ketika ia menutup mulutnya, maka ia akan mengecap lezatnya manis madu Ilahi.
Sesungguhnya belajar Ilmu Kerohanian dari guru satu ke guru lainnya, ibarat menaiki anak tangga satu persatu.
Janganlah menganggap rendah anak tangga sebelumnya, ketika kita berada di anak tangga selanjutnya.
Jadilah An Nahl, yang terbang dari satu bunga ke bunga lainnya untuk menyerap Manisnya Madu sari bunga, tanpa merusak bunganya. Karena setiap bunga mempunyai keindahannya tersendiri, dibalik ketidak sempurnaannya.
"Janganlah lihat siapa yang berkata, tapi dengarkan apa yang dikatakannya" (Ali bin Abi Thalib)
"Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakannya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Jangan pula menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (pertemuan atau rapat) dan untuk menarik perhatian orang-orang kepadamu. Barangsiapa seperti itu maka baginya neraka". (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
"Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal". (QS 39:18)
Guru Wadag, Guru Ghaib dan Guru Sejati adalah pembimbing yang berjasa dalam menjalani hidup dan kehidupan setiap diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar